Kapal Selam Inggris Dirancang dengan Software Rusia, Padahal Musuh Bebuyutan

Kapal Selam Inggris Dirancang dengan Software Rusia, Padahal Musuh Bebuyutan

ALLGULFNEWS – Sebuah perusahaan yang disewa untuk merancang perangkat lunak (software) bagi pembuat kapal selam Inggris mengalihdayakan pekerjaan tersebut kepada programmer di Belarusia dan Rusia. Ini mengejutkan mengingat Moskow dan London merupakan musuh bebuyutan.

Menurut dokumen Kementerian Pertahanan Inggris yang dilihat oleh surat kabar The Telegrahph, perusahaan tersebut kemudian mencoba menutupi potensi pelanggaran keamanan.

Menurut The Telegraph, perusahaan tersebut, sebuah firma konsultan digital bernama WM Reply, disewa pada tahun 2020 untuk membangun intranet staf untuk Rolls-Royce Submarines.

Teknisi nuklir Rolls-Royce—yang merancang kapal selam khusus untuk Angkatan Laut Kerajaan Inggris—kemudian menggunakan intranet itu untuk berkomunikasi saat bekerja tanpa risiko keamanan karena terhubung ke internet yang lebih luas.

BACA JUGA : Trump Sebut Biden Jadi Korban Kudeta Partai Demokrat

Mengingat sifat sensitif pekerjaan Rolls-Royce Submarines, peraturan Kementerian Pertahanan Inggris menetapkan bahwa intranet hanya boleh dirancang oleh staf yang berkantor pusat di Inggris dengan izin keamanan.

Sebaliknya, WM Reply mengalihdayakan sebagian besar pekerjaan kepada pembuat kode di Belarusia dan satu orang yang bekerja dari jarak jauh dari Tomsk di Siberia, Rusia.

Pada akhir tahun 2020, staf di WM Reply khawatir menggunakan kontraktor yang berkantor pusat di musuh Inggris.

Transkrip panggilan konferensi yang diserahkan kepada penyelidik Kementerian Pertahanan Inggris mengungkapkan bahwa perusahaan memilih untuk tidak memberi tahu Rolls Royce tentang pengalihdayaan tersebut, agar kontrak—senilai £500.000 (USD640.000)—tidak dibatalkan.

Seorang karyawan menyarankan untuk memberikan nama-nama “orang yang meninggal di Inggris” kepada para pembuat kode Belarusia, sementara yang lain menyarankan agar satu pengembang Inggris mengompilasi semua kode yang dibuat di BelarusIa dan Rusia, agar seolah-olah seluruh perangkat lunak tersebut dibuat di Inggris.

Akhirnya, Rolls Royce diberi tahu bahwa beberapa pembuat kode asing akan digunakan, tetapi perusahaan tersebut tidak diberi tahu bahwa pembuat kode ini akan berbasis di Rusia atau Belarusia, menurut dokumen yang diserahkan kepada Kementerian Pertahanan Inggris.

Rolls Royce mulai menyelidiki kasus tersebut pada tahun 2021, dan penyelidikan diluncurkan di Kementerian Pertahanan tahun berikutnya, saat Inggris mendukung militer Ukraina dalam perangnya dengan Rusia.

BACA JUGA : 6 Dampak Buruk Perang Israel di Gaza selama 10 Bulan

Rolls Royce sejak itu memutuskan hubungan dengan WM Reply, kata juru bicara produsen kapal selam tersebut kepada The Telegraph.”Tidak ada risiko data, yang dirahasiakan atau sebaliknya, diakses atau disediakan kepada individu yang tidak memiliki izin keamanan,” kata seorang juru bicara Rolls Royce.

“Masalah ini diselidiki sepenuhnya oleh Rolls-Royce. Seperti yang telah mereka katakan, tidak ada satu titik pun integritas sistem yang terganggu,” imbuh seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Namun, analis pertahanan mengatakan kepada The Telegraph bahwa para pembuat kode tersebut berpotensi memperoleh akses ke detail kontak karyawan Rolls Royce, yang membuat mereka rentan terhadap pemerasan atau serangan siber.

“Keputusan WM Reply untuk melakukan alih daya berpotensi membuat kita rentan terhadap ancaman terhadap keamanan nasional kita,” kata mantan Menteri Pertahanan Ben Wallace kepada surat kabar tersebut, yang dilansir Minggu (4/8/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *