Konflik Rusia-Ukraina Pengaruhi Tatanan Geopolitik Internasional

allgulfnews – Di saat negara-negara di seluruh dunia berupaya bangkit sejak terpaan pandemi COVID-19, namun dunia dihadapkan pada situasi ancaman krisis sebagai implikasi dari konflik Rusia-Ukraina. Dampak yang paling dirasakan dunia saat ini, antara lain, meningkatnya kerawanan pangan, terbatasnya akses terhadap energi, serta meningkatnya inflasi, dan hal ini menjadi tantangan bagi tatanan dan ketertiban dunia.

Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN Mego Pinandito mengatakan, di tingkat internasional Indonesia telah berusaha menjalankan peran aktif sebagai mediator dan merealisasikan misi perdamaian dengan melaksanakan kunjungan kenegaraan ke Ukraina pada 29 Juni 2022 dan Rusia pada 30 Juni 2022. Berbagai upaya dalam sideline meeting dalam forum multilateral juga telah dilakukan.

“Diharapkan negara-negara di seluruh dunia, memberikan respon cepat dan akurat baik secara individual maupun kolektif untuk menghadapi geopolitik dunia yang bergejolak saat ini. Indonesia khususnya, juga perlu menjaga kepentingan nasionalnya, namun dengan tetap menjaga prinsip politik luar negeri bebas aktif,” ungkap mego.

Maka dari itu, Badan Riset dan Inovasi Nasional mencoba mencermati dan mengkaji mengenai isu dampak konflik Rusia dan Ukraina. Hal ini didasarkan pada urgensi untuk memahami perkembangan terbaru dan dinamika geopolitik dunia saat ini sebagai implikasi dari konflik Rusia-Ukraina yang telah berlangsung cukup lama.

“Kami mengharapkan insights dari paparan para pakar dan diskusi terkait beberapa poin penting  tentang dinamika geopolitik yang telah menjadi perhatian dunia dalam beberapa waktu bulan ini patut menjadi perhatian bersama untuk nantinya dirumuskan kebijakan yang tepat, dan menjadi media untuk memahami problematika daru berbagai isu strategis yang terjadi tidak hanya dalam negeri, tetapi juga di dunia internasional saat ini dan juga ke depannya,” harap Mego.

Menurut Mego, terdapat tiga isu besar penting yang perlu mendapat perhatian bersama implikasi dari konflik Rusia – Ukraina. Pertama, konflik Rusia-Ukraina turut berkontribusi terhadap munculnya kemungkinan perubahan konstelasi geopolitik global. Salah satunya kemungkinan terjadi pergeseran peta geopolitik dan munculnya keseimbangan kekuatan baru di dunia. Pergeseran dan perubahan konstelasi geopolitik global ini penting untuk diamati dan Indonesia perlu bersiap terhadap implikasi yang dibawa oleh proses ini.

Kedua, adanya kemungkinan penggunaan kekuatan nuklir. Menyikapi hal ini, aktor-aktor di seluruh dunia, khususnya aktor negara, mengalami kondisi yang tidak pasti dan perlu mulai membuat proyeksi terhadap kemungkinan penggunaan nuklir dalam konflik ini.

“Bagi Indonesia, kemungkinan penggunaan kekuatan nuklir ini sangat penting untuk dianalisis dan dilihat, tidak hanya dari perspektif keamanan dan hukum internasional, namun juga dari perspektif sains. Penggunaan kekuatan nuklir selain bertentangan dengan hukum humaniter, juga memiliki dampak besar seperti jatuhnya korban jiwa, kerugian material, dan risiko kesehatan,” tandas Mego.

Ketiga, lanjut Mego, konflik Rusia-Ukraina ini telah berdampak secara sistemik ke seluruh dunia, terutama ke negara-negara yang memiliki hubungan perdagangan secara langsung dengan Rusia atau Ukraina. Pemerintah Indonesia perlu memitigasi bagaimana konflik Rusia-Ukraina ini dapat berimplikasi lebih jauh terhadap kepentingan nasional Indonesia, tidak hanya di bidang ekonomi dan energi, tetapi di bidang keamanan dan pertahanan.

Secara khusus, kata Mego, Indonesia perlu menjaga kepentingan nasionalnya dalam beberapa lini. Di antaranya, menjaga kredibilitas Indonesia di tingkat internasional dan forum multilateral, dengan mengedepankan politik luar negeri yang bebas aktif tanpa dikendarai oleh pihak manapun; menjaga stabilitas pertahanan dan keamanan; menjaga keamanan komoditas pangan Indonesia, merespons dan mengantisipasi kemungkinan penggunaan kekuatan nuklir dalam kapasitas Indonesia sebagai negara berkembang dan berkekuatan menengah (middle power); dan memastikan perdamaian abadi sesuai dengan amanat Pembukaan UUD 1945.

NONO4D

NONO4D

NONO4D

NONO4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Nana4D

Prediksi Master Jason

Rokokbet

Rokokbet

Matauangslot

Okewla

Okewla

Okewla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *