Seteru dengan Rusia dan China Memanas, AS Bikin Rudal Jelajah Nuklir Berbasis Laut

Seteru dengan Rusia dan China Memanas, AS Bikin Rudal Jelajah Nuklir Berbasis Laut

Allgulfnews – Amerika Serikat (AS) memperkuat kemampuan nuklirnya dengan mengembangkan rudal jelajah nuklir berbasis laut. Langkah ini dilakukan di tengah memanasnya perseteruan dengan dua rivalnya; Rusia dan China.

AS saat ini memiliki triad nuklir yang terdiri dari rudal balistik antarbenua (ICBM) berbasis darat, rudal jelajah yang diluncurkan dari udara, dan senjata berbasis laut.

Ketika Pentagon bersiap menghadapi potensi pertikaian nuklir di masa depan di tengah meningkatnya ketegangan dengan Moskow dan Beijing, Pentagon memutuskan untuk fokus pada peningkatan kemampuan nuklir berbasis laut.

Baca Juga : Israel Kembali Gempur Rafah, 12 Warga Palestina Tewas

Sistem berbasis darat dan yang diluncurkan dari udara diyakini AS akan menjadi tidak efektif jika lawan melancarkan serangan pertama dalam pertempuran nuklir.

Washington ingin mempertahankan pencegahan terhadap musuh-musuhnya melalui sistem berbasis laut yang diharapkan dapat memberikan kemampuan serangan kedua.

Bersaksi di depan Subkomite Pasukan Strategis Angkatan Bersenjata Senat, Wakil Laksamana Johnny R Wolfe Jr, Direktur Sistem Strategis Angkatan Laut Amerika, mengatakan, “Jika Anda memikirkannya dari sudut pandang musuh, apa pun yang mereka pikir dapat mereka lakukan adalah serangan awal, pasukan [kapal selam rudal balistik] itu selalu waspada, berpatroli, tidak diketahui di mana mereka berada.”

“Tentu saja, jika diperlukan, mereka dapat bertahan dan dapat memastikan bahwa serangan kedua dari negara kita dapat dilakukan. Hal ini penting ketika Anda melihat pencegahan dan apa artinya,” katanya, seperti dikutip dari EurAsian Times, Sabtu (1/6/2024).

Dia bersaksi bersama Jenderal Angkatan Udara Thomas A Bussiere, Komandan Komando Serangan Global Angkatan Udara AS.

Dia mencatat kemajuan signifikan dalam upaya Angkatan Laut untuk memodernisasi bagiannya dari triad nuklir AS dan memaparkan beberapa rincian tentang rudal jelajah nuklir baru yang diluncurkan.

“Kami telah membangun sejarah pencegahan yang luar biasa ini, menandai tonggak sejarah seperti demonstrasi terakhir dan operasi penggeledahan kapal selam rudal balistik kelas Ohio kami [dan] pendirian kantor nuklir baru untuk rudal jelajah yang diluncurkan dari laut, SLCM-N (rudal jelajah nuklir yang diluncurkan di laut),” kata Wolfe.

BACA JUGA : Korut Tembakkan Rentetan Rudal Balistik, Korsel-Jepang Mengecam!

“Selain itu, melalui koordinasi dengan mitra kami [Administrasi Keamanan Nuklir Nasional], kami memulai proyek senjata nuklir untuk mengadaptasi hulu ledak nuklir untuk kemampuan baru ini,” imbuh dia.

Menurut Wolfe, SCLM-N yang direncanakan akan ditembakkan dari kapal selam serang dan kapal permukaan, berbeda dengan kapal selam rudal balistik biasa.

Dia memberi tahu para senator bahwa membangun kembali basis industri yang menciptakan SLCM-N dan kini telah ditutup akan sulit.

“Investasi yang signifikan diperlukan untuk membangun kembali kapasitas guna menangani berbagai program modernisasi nuklir secara bersamaan,” katanya.

Mencegah Musuh Bersenjata Nuklir

Kesaksian Kongres sebelumnya oleh para pejabat pemerintah mengungkapkan bahwa rudal jelajah yang diluncurkan dari laut (SLCM-N) bersenjata nuklir untuk melawan meningkatnya ancaman nuklir Rusia dan China sedang dikerjakan bertahun-tahun setelah direkomendasikan oleh Tinjauan Postur Nuklir pada tahun 2018.

SLCM-N tidak diluncurkan dari kapal selam rudal balistik tetapi dari kapal permukaan atau kapal selam serang (SSN).

BACA JUGA : Putin Wanti-wanti Jangan Sampai Ukraina Serang Rusia Pakai Rudal Barat!

Selama Perang Dingin, AS mengintegrasikan rudal-rudal ini ke dalam SSN. Mereka akhirnya dinonaktifkan pada tahun 2010 dan dihapuskan dari layanan bersama dengan sebagian besar senjata nuklir taktis AS.

Keputusan untuk meningkatkan kemampuan nuklir di laut dilakukan sebagai upaya melawan meningkatnya cadangan nuklir Rusia dan China. Rusia memiliki hampir seribu senjata nuklir “taktis” yang dapat diangkut melalui udara, laut, dan darat.

Sedangkan China terus memperluas inventarisnya dan diduga memiliki sekitar 500 hulu ledak nuklir. Yang lebih penting lagi, senjata-senjata tersebut tidak terikat oleh kewajiban perjanjian besar apa pun.

Saat ini, satu-satunya senjata nuklir berbasis laut di Amerika Serikat adalah rudal balistik yang diluncurkan dari kapal selam strategis (SLBM).

Sebaliknya, China dan Rusia berkonsentrasi pada produksi senjata nuklir taktis berdaya ledak rendah, yang dimaksudkan untuk mendukung operasi militer konvensional dan dianggap berada di bawah tingkat senjata nuklir strategis.

Sebelumnya, sebuah laporan Pentagon mencatat bahwa armada enam kapal selam rudal balistik kelas Jin China sedang melakukan patroli “hampir terus-menerus” dari Pulau Hainan ke Laut China Selatan.

Kapal selam nuklir itu disertai dengan rudal jarak jauh yang dapat menyerang jantung Amerika Serikat. Kapal selam ini dipersenjatai dengan rudal JL-3 yang mampu membawa hulu ledak nuklir.

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

NANA4D

SLOT 5000

SCATTER HITAM

NANA4D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *