Rusia Luncurkan Serangan Kejutan Paling Serius dalam 2 Tahun Perang Ukraina

Rusia Luncurkan Serangan Kejutan Paling Serius dalam 2 Tahun Perang Ukraina

ALLGULFNEWS – Pasukan Rusia telah melakukan dua serangan lintas batas di wilayah utara Ukraina. Itu berdasarkan informasi dari sumber dan pejabat Ukraina, yang oleh Presiden Volodymyr Zelensky disebut sebagai “gelombang baru tindakan serangan balik” oleh Rusia.

Dalam perkembangan pertama, tentara Rusia menembus setidaknya satu kilometer menuju kota Vovchansk, kata sumber militer Ukraina kepada CNN. Tujuannya, kata sumber itu, “adalah untuk menggali kedalaman 10 km dan menciptakan zona penyangga di perbatasan untuk mengamankan wilayah Rusia dari pengaruh perang.”

Dalam sebuah pernyataan resmi, Kementerian Pertahanan Ukraina mengatakan tentara Rusia yang didukung oleh kendaraan lapis baja telah bergerak melintasi perbatasan sekitar pukul 05.00 hari Jumat, setelah seharian terjadi peningkatan serangan di wilayah perbatasan dengan bom udara dan artileri berpemandu.

Pernyataan itu menambahkan bahwa unit cadangan Ukraina telah dikerahkan untuk memperkuat pertahanan di wilayah tersebut.

BACA JUGA : TikTok Gugat Pemerintah AS Protes Upaya Pemblokiran
Prajurit Pasukan Khusus ke-12 Brigade Azov dari Garda Nasional Ukraina menembakkan howitzer ke arah pasukan Rusia, di tengah serangan Rusia ke Ukraina, di wilayah Donetsk, Ukraina 5 April 2024. REUTERS/Sofiia Gatilova

Sumber Ukraina kedua yang mengetahui langsung perkembangan garis depan mengatakan kepada CNN bahwa pasukan Rusia juga telah menembus wilayah Ukraina sejauh lima kilometer menuju desa Krasne, yang terletak sekitar 75 km di sepanjang perbatasan, sebelah barat Vovchansk.

Sumber itu mengatakan serangan darat Rusia terhadap Krasne dilakukan oleh empat batalyon Rusia – sekitar 2.000 orang.

Para pejabat Ukraina belum memberikan banyak informasi mengenai serangan kedua Rusia, meskipun Staf Umum Ukraina, dalam laporan terbarunya pada Jumat malam, mencatat adanya serangan Rusia di wilayah Krasne dan dua desa tetangga.

Patut dicatat juga bahwa DeepStateMap, sebuah kelompok pemantau Ukraina yang memperbarui perkembangan garis depan setiap hari, menunjukkan empat desa yang bersebelahan – termasuk Krasne – berada di wilayah abu-abu, mewakili wilayah yang saat ini diperebutkan dan bukan berada di bawah kendali penuh Ukraina.

DeepStateMap juga mencatat di saluran Telegramnya bahwa jumlah pasukan Rusia yang dikerahkan dalam dua serangan lintas batas tersebut tidak cukup untuk mencapai kemajuan lebih jauh ke wilayah Ukraina, namun hal ini juga menarik perhatian pada fakta bahwa Moskow memiliki lebih banyak pasukan yang ditempatkan di sepanjang perbatasan. diperkirakan sekitar 40.000.

Ketika ditanya mengenai perkembangan yang terjadi, Zelensky tidak meremehkan keseriusan hal tersebut namun mengatakan bahwa militer Ukraina telah memperkirakan tindakan seperti itu.

“Rusia melancarkan gelombang baru tindakan serangan balasan di [wilayah Kharkiv utara]. Ukraina menemui mereka di sana dengan pasukan, brigade, dan artileri kami,” katanya kepada wartawan Jumat sore.

“Tetapi komando militer dan militer kami menyadari hal ini dan mengantisipasi pasukan mereka untuk menghadapi musuh dengan tembakan. Sekarang terjadi pertempuran sengit di wilayah ini […] Saya pikir sampai sekarang kami telah menghentikan musuh dengan tembakan artileri,” kata Zelensky.

BACA JUGA : Israel Mulai Agresi Darat ke Rafah, Hamas Anggap Bencana Kemanusiaan

Oleh Syniehubov, kepala pemerintahan militer regional Kharkiv, mengatakan melalui Telegram bahwa dua warga sipil tewas dalam serangan Rusia dan beberapa lainnya terluka.

Penduduk desa perbatasan telah diberitahu untuk mengungsi oleh pihak berwenang. Polisi nasional mengunggah foto dan video di media sosial yang menunjukkan petugas membantu orang-orang mengemas barang-barang mereka ke dalam kendaraan polisi sebelum dibawa ke lokasi yang lebih aman.

Sebanyak 1.775 orang sejauh ini telah dievakuasi dari wilayah Kharkiv, sehari setelah serangan mendadak Rusia, kata kepala administrasi militer wilayah tersebut pada hari Sabtu.

Perkembangan tersebut menandai serangan darat lintas batas paling serius yang dilakukan Rusia sejak Ukraina merebut kembali wilayah wilayah Kharkiv utara pada akhir musim panas 2022, setelah wilayah tersebut pertama kali direbut oleh Rusia pada minggu-minggu awal invasi skala penuhnya.

Hal ini juga terjadi setelah beberapa bulan meningkatnya serangan udara Rusia terhadap kota Kharkiv, yang telah melumpuhkan semua kapasitas pembangkit listrik di kota tersebut, serta gardu induknya.

Syniehubov menegaskan serangan darat terbaru Rusia tidak menempatkan kota tersebut, yang terletak hanya 30 km selatan dari perbatasan Rusia, dalam bahaya yang lebih besar.

“Kelompok musuh tidak menimbulkan ancaman bagi kota Kharkiv, pasukannya berada ini hanya cukup untuk provokasi ke arah utara.”

Namun, para analis mencatat bahwa jika pasukan Rusia mampu bergerak lebih jauh ke selatan, maka tepi utara kota tersebut akan berada dalam jangkauan artileri Rusia, yang dapat menembakkan sekitar 20 km.

Tersedia Juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *